Fotografi Rumput Ruby - Ruby Grass

  Ruby grass asalnya dari Afrika Selatan. Nama latin dari rumput ini adalah Melinis nerviglumis. Bunga rumput ini berwarna pink dan sedikit ...

Should Watch

Sanggupkah Aku Berkompetisi Dengan Blogger Papan Atas Dan Media?

 Mengambil jalan terjal adalah hal yang sangat sulit dilakukan. Namun apalah dikata, aku harus terima ini. Ketika aku bisa membuat blog yang pada waktu itu sudah lumayan bagus, namun karena terbengkalai blog itu sudah mati dan nama domainya sepertinya sudah diambil alih pihak ketiga dan masuk bursa domain sale. 


Setelah beberapa tahun, aku memulai lagi blog aku dengan domain lokal. Ya.. aku ingin pembacaku orang Indonesia. Nama yang aku pake juga menggunakan nama depan ku ahmadfz.my.id , Ahmad adalah nama depanku. 

 

Aku melihat persaingan blogging sangat ketat. Lihat saja blogger papan atas seperti maxmanroe, hipwee, dan masih banyak lainya. Aku benar-benar merasa ketinggalan. Sudah hampir sebulan aku posting setiap hari. Namun pengunjung blogku masih nol. Ada karena aku share di sosial media. Itu artinya persaingan di mesin pencari sangat ketat. Jangankan masuk halaman utama, bisa dicari di beberapa halaman sudah untung. 

 

Namun kali ini aku yakin, bahwa aku akan bisa sedikit menaikan pengunjung setelah 3 bulan ke depan. Saya coba pelajari beberapa trik dari blogger yang cukup bagus di search engine. Hampir semua mereka memiliki pilar artikel. Ya... sautu bangunan tanpa pilar yang kuat akan roboh. Artikel panjang dengan pencarian yang kata kunci yang tepat menjadi rahasia kesuksesan mereka. Aku sudah buat itu dan aku berharap dalam beberapa minggu ke depan akan mendatangkan pengunjung dari search engine. 

 

Untuk berkompetisi dengan para blogger besar sangat sulit, maka aku memilih menghindari. Aku memilih tema-tema yang lepas dari perhatian mereka karena pesaingnya tidak terlalu berat. Awal mulai ngeblog lagi, aku merasa tidak risau dengan banyak atau sedikitnya pengunjug blog aku, namun agak jengkel juga kenapa pengunjung masih nol. 

 

Jadi selama ini yang aku tulis tidak dibaca ..sedih sekali ya.. seperti orang jualan yang belum ada yang beli padahal sudah di taruh di lapak. Apa mungkin tempat lapaknya sepi atau aku tidak berani menyewa tempat yang strategis. Begitulah logika aku ketika aku menulis ini. 

 

Sekali lagi aku tak akan mengambil resiko dengan bersaing dengan para blogger papan atas. Apalagi media besar sekarang ini terkadang juga membahas hal-hal yang dulu di posting oleh para blogger. Sepertinya mereka juga semakin berat berkompetisi sehingga memilih kata kunci yang sebenarnya itu bukan dari berita. 

 

Penggunaan bahasa dan pilihan kata yang ringan menjadi salah satu cara yang aku gunakan. Aku memang ingin blog ini sebagai bacaan ringan dan menghibur walau kadang ada postingan tentang kripto kurrency yang sedikit perlu pemikiran agak serious karena kadang aku bicara tentang investasi di kripto. 

 

Persaingan blogger
https://pixabay.com/photos/checkmate-chess-board-chess-board-1511866/

 

 Semua kita berkompetisi 


Aku baru sadar bahwa disetiap tataran kehidupan ada kompetisi. Di level bawah ada kompetisi. Bagaimana para pedagang eceran di pinggir jalan juga berkompetisi, perusahaan besar juga berlomba untuk menarik pelanggan. Begitupun di media. Aku berharap bahwa blog ini bisa memberikan satu tempat kepada pembaca agar menjadi bacaan yang mereka perlukan.


 

0 komentar:

Posting Komentar