Fotografi Sunset Di Danau Mustika Grande

 Aku gak mau bahas banyak tentang Mustika Grande. Ya itu daerah di Burangkeng , Setu Bekasi. Bukan tempat menarik. Cuma di situ ada danau ya...

Should Watch

Kenapa Umat Islam Harus Belajar Cryptocurrency Dan Tidak Terlalu Cepat Memberi Label Haram

Maaf nih buat kawan-kawan yang muslim. Aku juga muslim jadi mari kita duduk dan bicara tentang sesuatu yang aku pikir sangat penting di masa mendatang. Akhir -akhir ini berita cryptocurrency semakin gencar dan lebih banyak yang negatif. Bahkan beberapa ustadz dan ulama di Indonesia mengatakan cryptocurrency itu haram. 


Ok bro .. aku gak mau berdebat halal-haram dari segi hukum Islam. Aku melihat dari sisi logika, kenyataan dan masa depan keuangan dunia dan cryptocurrency dengan teknologi di belakangnya. 


Jadi kalau membaca tulisan ini jangan pake otot dulu ... cool aje ya.. terpaksa aku nulis ini sebenarnya untuk berbagi pengetahuan tentang kripto... aku sendiri tuh bukan pakar jadi kalau gak mau di anggap tulisan aku, ya gak apa-apa .. 


Ketika banyak artis yang notabene beragama Islam dan para fans nya yang juga mayoritas muslim menciptakan uang kripto atau membuat token kemudian menjualnya. .. Dalam kasus ini aku mau ketawa ... karena para artis itu gak paham apa itu kripto yang mereka paham mereka buat token dengan , di framing gini dan gitu kemudian di jual dengan menjanjikan keuntungan.. bukanya untung malah buntung. Setelah semua rugi para fans pada protest dan lapor ke polisi dan bilang crytpo itu penipuan .. Ok ... Crypto itu penipuan, spekulasi, judi, ghoror dan lain sebagainya .... Kalau aku bilang sih Jangan jadi crypto idiot lah .. karena mereka itu gak paham membedakan coin dan token. 


Sedikit aku ulas teknologi di belakang cryptocurrency 😇

 Untuk menciptakan coin dalam jaringan cryptocurrency dibutuhkan alat yaitu komputer. Nah dalam protokol crypto dikenal yang namanya Proof Of Work (POW), Proof of Stake (POS,  dan Delegated Proof Of Stake  (DPOS) 


Coin yang menggunakan metode POW misalnya bitcoin, ethereum 1.O, dogecoin bisa keduanya dan lainya. Silahkan research sendiri bro .. Sedang POS coin misalnya ethereum 2, Dash, Zcash, Doge, BCH dan lainya. Untuk DPOS ada Hive, Steem, Bitshares dan lainya. 


Ok kita bahas dulu apa itu POW

Proof of work (PoW) adalah bentuk bukti kriptografi di mana satu pihak (pembukti) membuktikan kepada pihak lain (penguji) bahwa sejumlah upaya komputasi tertentu telah dikeluarkan. Pemverifikasi selanjutnya dapat mengkonfirmasi pengeluaran ini dengan sedikit usaha dari mereka Konsep ini ditemukan oleh Moni Naor dan Cynthia Dwork pada tahun 1993 sebagai cara untuk mencegah serangan penolakan layanan dan penyalahgunaan layanan lainnya seperti spam pada jaringan dengan meminta beberapa pekerjaan dari pemohon layanan, biasanya berarti waktu pemrosesan dengan komputasi.

http://en.wikipedia.org/wiki/Proof_of_work#

Jadi POW adalah sebuah proses komputer untuk memecah sandi cryptografi untuk memverikasi transaksi sehingga dalam bitcoin menghasilkan coin atau digunakan untuk memvalidasi sebuah transaksi pada pengguna bitcoin. Proses ini memerlukan energy listrik yang besar serta spesifikasi alat yang memenuhi syarat. Jadi para penambang bitcoin sudah menginvestasikan biaya yang banyak untuk membeli alat dan energy untuk menjalankan jaringan protokol blockchain pada bitcoin. Kalau di bilang bitcoin adalah 0 nilainya adalah tidak benar karena para penambang sudah menginvestasikan biaya yang besar untuk menjalankan server sebagai miner atau penambang. 

 

Apa itu POS 

Protokol Proof-of-stake (PoS) adalah kelas mekanisme konsensus untuk blockchain yang bekerja dengan memilih validator secara proporsional dengan jumlah kepemilikan mereka dalam cryptocurrency terkait. Hal ini dilakukan untuk menghindari biaya komputasi skema proof-of-work. Penggunaan PoS yang berfungsi pertama untuk cryptocurrency adalah Peercoin pada tahun 2012.

http://en.wikipedia.org/wiki/Proof_of_work#


Kegiatan untuk menciptakan dan memvalidasi dalam POS disebut forging, 

Forging (Penempaan atau pencetakan) dalam cryptocurrency adalah pembuatan blok baru di blockchain berdasarkan algoritma Proof-of-Stake dengan peluang untuk menerima hadiah dalam bentuk cryptocurrency baru dan biaya komisi.

https://coinstelegram.com/crypto-alphabet/what-is-forging/

Perbedaan mendasar pada Mining dan Forging adalah pada penggunaan energy pada proses pemecahan rantai blok untuk memvalidasi transaksi dan menciptakan coin baru. POW memerlukan energy yang besar dan semakin hari semakin besar. Sedang pada POS memerlukan kepemilikan coin yang besar namun memerlukan energy komputasi yang relatif kecil. Namun spesifikasi alat untuk kedua metode ini harus memenuhi standar. Misalnya untuk menciptakan coin baru dalam POS , sebuah server penambangan harus memiliki minimal 1000 coins. Jika kurang, maka si penyedia server bisa meminta para pemilik coin untuk melakukan staking seperti membekukan aset yang di berikan kepada si penambang sehingga jumlah minimal coin si penambang bisa mencapai minimal 1000 atau lebih. Diantara penambang dan orang yang melakukan staking akan dilakukan kesepakan bagi hasil atas reward dari fee transaksi dan penciptaan coin baru. Semua transaksi dan perjanjian diatas dijalankan dalam sebuah sistem tanpa ada campur tangan manusia. 

Jadi para penambang atau forger pada POS juga sudah menginvestasikan uang yang banyak untuk membeli alat, membeli coin yang ada dipasaran untuk memenuhi standar minimal dalam POS. 

 

Yang terkhir adalah DPOS

 Delegated proof of stake (DPoS) systems separate the roles of the stake-holders and validators, by allowing stakeholders to delegate the validation role. 

http://en.wikipedia.org/wiki/Proof_of_work#

Maaf ini kalau diterjemahkan  bebas kira-kira begini ..

DPOS adalah sistem yang terpisah antara stake-holder dan validator dengan mengijinkan stake-holder untuk menjadi penentu dalam validasi transaksi dan penciptaan coin baru.  

 

Di dalam POS seorang harus memberikan coin kepada validator , miner atau penambang. Sedangkan dalam DPOS seorang stake holder cukup mengendapkan coinnya dan mendelegasikan jumlah coin yang di miliki kepada validator. Tidak ada perpindahan koin dari stake-holder ke validator. Stake-holder hanya memberikan kuasa kepada validator untuk melakukan validasi transaksi dan penciptaan coin baru. Dalam DPOS validator atau penambang biasanya disebut Witness atau saksi.


Di dalam cryptocurrency sekarang berkembang protokol baru selain tiga diatas. Namun pada intinya semua berbasis pada tigak protokol yang sudah aku jelaskan. 

Bagaimana bro... bingung gak... pertama kali aku terjun di crypto aku juga bingung .. ini baru teknologi dasar setelah ini ada smart contract yang bikin tambah bingung. Kenapa teknologi crypto ini adalah sebuah teknologi yang sangat dinamis yang ke depanya akan menjadi mass adoption atau digunakan secara masal.... 

Emas , Uang coin, Uang kertas dan Uang digital

Emas adalah aset logam mulia yang sudah diperdagangkan dan menjadi alat pembayaran sejak jaman dahulu. Jumlah emas di dunia tidak di ketahui namun emas adalah salah satu alat tukar yang tidak mengalami inflasi. Emas masih menjadi ukuran kekayaan atau kepemilikan aset pada orang, lembaga atau negara tertentu. Emas biasanya dicetak dalam bentuk batangan, coin atau perhiasan. Tidak semua orang memiliki emas dan aku yakin sebagian besar orang tidak memiliki simpanan emas. 


Uang koin pada jaman kerajaan kuno dibuat dari emas, perak, perunggu, besi dan logam lainya. Uang koin di Jaman Majapahit disebut gobog. Nilai dari uang koin pada jaman dulu didasarkan pada bahan pembuatanya. Kalau di negeri arab Dinar adalah uang koin dari bahan emas, Dirham adalah uang koin dari bahan perak. Nilai dari uang koin dengan bahan yang berbeda tentu juga berbeda ketika digunakan untuk bertransaksi. 

Uang kertas adalah uang yang dibuat dari bahan kertas tertentu. Uang ini dibuat oleh sebuah lembaga negara yang biasa disebut sebagai bank central. Untuk sejarah uang kertas sendiri silahkan kawan-kawan cari sendiri di artikel lain. Pada awalnya uang kertas katanya nilainy didasarkan pada cadangan emas namun dalam perkembanganya pencetakan uang kertas tidak lagi didasarkan pada cadangan emas. Maka terjadilah inflasi atau kelebihan suply uang di pasaran sehingga nilai emas terhadap uang kertas semakin naik atau nilai uang kertas terhadap emas semakin turun. 

Uang digital diciptakan dengan penemuan teknologi applikasi belakangan ini. Siapa penemu pertamanya silahkan kawan-kawan cari sendiri. Kalau tidak salah nih.. pencetakan uang digital di dasarkan berdasarkan pasokan uang kertas yang dimiliki. Namun kebenaranya hanya pengawas keuangan, bank sentral dan pengelola aplikasi uang digital itu sendiri yang tahu. Kalau sebuah pengelola aplikasi nakal kemudian mencetak uang digital melebihi pasokan uang kertas dia di bank central .. siapa yang tahu? ................

Kamu mungkin boleh merasa bangga dengan aplikasi .... pay ...pay yang ada di hp mu... namun benarkah uang yang dimiliki perusahaan pay itu benar-benar sesuai dengan jumlah uang yang dicetak secara digital ... paling kamu akan bilang ... emang gue pikirin. 😀😟

 

Cryptocurrency 

Cryptocurrency mata uang digital yang terdesentralisasi dan dijalankan diatas protokol tertentu dan bisa diakses oleh publik pada jaringan blockchain. Blockchain adalah semacam buku besar yang mencatat secara otomatis setiap transaksi yang terjadi pada sebuah mata uang kripto. Untuk lebih jelasnya kamu bisa pelajari lebih detil apa itu blockchain pada artikel lain di internet atau buku. 

 

 

 Kamu sudah mengenal berbagai jenis uang dan sekarang diskusi kenapa umat Islam tidak boleh terburu-buru menghukumi cryptocurrency sebagai sesuatu yang terlarang atau haram.

 Aku sadar betul menulis ini ada tanggung jawab diakhirat namun tujuan dari tulisan ini adalah memberikan penjelasan agar umat Islam tidak terjebak pada investasi kripto dari pengembang yang tidak bertanggung jawab. Semoga Allah memaafkan aku ... Amin.

 

Kenapa Umat Islam Harus Paham Crypto atau Menguasai teknologi ini? 

Teknologi yang melandasi sebuah mata uang kripto merupakan teknologi baru. Orang biasa menyebut teknologi blockchain. Di dalam jaringan blockchain seorang developer bisa membuat berbagai aplikasi dari pembayaran, game, sosial media, perbankan, pinjam meminjam, paten, NFT ,sertifikat digital dan aplikasi lainya yang bisa berhubungan dengan dunia nyata. Masalah yang dihadapi para pengembang teknologi blockchain adalah masalah regulasi atau peraturan yang berlaku disebuah negara. 


Ada yang merasa terancam ketika teknologi blockchain dan cryptocurrency itu berkembang. Siapa dia .. siapa lagi , si pemilik uang di dunia kalau bukan IM...F .. WOlrd ....ank dan sekutunya. Lihatlah ketika El-Salvador melegalkan bitcoin, betapa marahnya para petinggi lembaga keuangan tersebut. Namun Presiden Najib Bukele tetap kokoh karena peraturan pelegalan bitcoin sudah di sahkan oleh parlemen di El Salvador. 

Mata uang kripto di kendalikan oleh konsensus demokrasi 50% plus 1. Sehingga mata uang ini tahan terhadap serangan para hacker. Selain tidak bisa di palsukan, catatan transaksi bisa di buka oleh publik sehingga untuk melakukan audit keuangan itu mudah. Mata uang ini jika di aplikasikan dengan kontrak cerdas bisa digunakan sebuah negara untuk mencegah tindak kejahatan korupsi dan pencucian uang. Namun ... pemerintahan mana yang mau? .... 😇. 


Mata uang ini rentan sebagai alat kejahatan .. oh ini sebuah argumentasi lama yang sudah banyak dibantah oleh para pakar dan praktisi cryptocurrency. Banyak para penjahat yang tertangkap gara-gara mereka menggunakan mata uang kripto untuk bertransakasi. Polisi yang melacak juga harus punya pengetahuan diteknologi ini tentunya dong .. bukan yang main gebuk kemudian salah tangkap ... haha maaff .. 

Mata uang kripto itu akan naik turun itu rawan dijadikan alat perjudian dan spekulasi. Aku kira naik turunya kripto tidak menjadikan teknologi ini lantas menjadi haram. Itu pendapatku lo.. karena itu harga pasar. Coba kalau naik turun harga itu haram .. bagaimana dengan Cabe dan Jengkol.. harganya juga naik turun tinggi loh.. Para pedagang besar bisa saja memainkan komoditi ini... Lalu kamu bilang cabe haram gitu ...? Jadi naik turun harga itu hal yang wajar pada sesuatu yang di perdagangkan.

Cara Mendapatkan Uang Kripto 

Aku setuju kalau di dalam hal ini akan nampak jelas mana halal dan mana haram, Ketika seorang mendapatkan uang kripto dengan cara yang ilegal seperti judi, menjual narkoba, mencuri, atau membobol dompet kripto orang lain, dan investasi ponzi maka dia mendapatkan uang kripto dengan cara yang haram. Disinilah letak masalahnya banyak umat Islam yang awam tentang kripto terjebak dalam permainan para developer nakal dan para pialang. 

Mereka kira investasi yang memberikan keuntungan sampai 50% dalam 1 minggu itu halal.. jelas itu HYIP. HYIP itu lebih dekat kepada skema ponzi dan jelas itu haram. 

 

Bagaimana dengan para artis yang membuat token kripto? 

 

Ok brother aku mau ngopi dulu ya .. ni soalnya seriuos. ☕☕☕

Disini aku mau sedikit kasih gambaran apa dan bagaimana membuat token. Ada perbedaan mendasar antar token dan koin. Coin adalah mata uang utama sebuah cryptocurrency yang berjalan diatas protokol POW, POS atau DPOs. Sedangkan token adalah mata uang pada lapisan kedua pada jaringan sebuah cryptocurrency. Pembuatan sebuah token tidak memerlukan protokol POW, POS, atau DPOs. Pembuatan token cukup dilakukan dengan menjalankan aplikasi pada sebuah smart kontrak dengan membayar fee untuk jaringan. Pembuatan token disebut Minting. Biaya minting sebuah token berbeda-beda ada yang hanya beberapa dolar sampai ribuan dolar, tergantung jaringan yang digunakan oleh developer. 


Kasus yang terjadi pada para artis yang berkecimpung di investasi crypto adalah dengan minting token. Token yang bikin  as...ik , kemudian anaknya bapak .. ustad... dan si an...el , semuanya adalah melalui proses minting. Mereka melakukan premine total token dengan jumlah tertentu kemudian mereka ambil 40 % dijual kepada publik. Sisanya mereka memegang 60% total supply... Kamu bisa bayangin kalau tujuan mereka membuat harga token naik, mereka memegang 60% total supply tentu mereka mejadi orang yang kaya mendadak. Nah akibatnya ... karena token tersebut di pasar bebas tidak diminati di jatuhkan oleh para pemegang token atau para trader sehingga harga tak terkendali yang ahirnya nilainya mendekati nol. Apa yang terjadi saudara-saudara? Para pembeli token yang kebanyakan emak-emak zero pengetahuan tentang kripto merasa ditipu.. Si artis mah A..ik -a...ik aja. 

Nah dalam kasus ini aku bilang sih bisa haram bisa gak... soalnya tujuan dari pembuatan token itu cuma sekedar harga naik dan profit ... . Tidak ada proyek pengembangan untuk memudahkan kehidupan manusia dalam hal sisem keuangan atau hal lain yang menjadi terobosan. 

 

Bagi aku bitcoin , litecoin, dash, ethereum dan lainya yang menggunakan protokol POW, POS, DPOS dalam penciptaanya adalah sebuah terobosan. Kalau semua coin itu dibilang haram aku secara pribadi tidak setuju. Karena tidak ada hal yang merugikan dari pembuatan coin tersebut. Yang terjadi adalah sebaliknya muncul inovasi yang bertujuan untuk memberikan kemudahan pada kehidupan manusia. 


Bagi para investor bitcoin, ethereum, litecoin dan lainya mereka tidak kawatir dengan naik turunya harga. Bagi mereka 1 BTC = 1 BTC. Kalaupun sekarang harga BTC mencapai 1 milliar bagi mereka tidak pengaruh. Mereka akan terus melakukan inovasi dengan teknologi yang melandasi kripto tersebut. Meskipun negara melarang mereka akan terus melakukan inovasi. 

Kamu bisa bandingkan dengan para artis yang terjun ke kripto? Apakah mereka seperti para investor kripto yang sesungguhnya atau para oportunis.Mereka tidak mengeluarakan biaya untuk membeli alat untuk menambang , tidak juga membeli coin untuk staking, tidak juga mengeluarkan biaya untuk membayar energi untuk menambang. Kemudian menjual token dan mau untung banyak ... aduh jangan jadi kripto idiot deh .... kalau ada yang gitu lagi jangan dikutin deh kalau mau selamat .. Jadi token para artis itu haram atau halal .. silahkan kawan -kawan ambil kesimpulan sendiri yah .. 


Ok brother sister jadi kesimpulanya begini. 

Coin adalah mata uang utama kripto yang penciptaanya memerlukan biaya yang banyak dengan cara menambang dan menggunakan berbagai protokol blockchain seperti POW, POS dan DPOs. 

Token adalah mata uang yang diciptakan pada jaringan kedua yang menumpang pada protokol POW, POS, atau DPOs. Pencipta token tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menambang. Jumlah token dibuat sesuai kebutuhan. Contoh token yang ada misalnya A..ik, ang..l, dan i.....token. Ada developer yang menggunakan token untuk terobosan pada teknologi yang mereka buat misalnya iex.ec yang membuat cloud computing service dengan basis RLC token. Jadi tidak semua token dibuat untuk tujuan profit ada juga yang dibuat untuk tujuan dalam inovasi agar memudahkan kehidupan manusia. 


Masalah halal haram kripto aku kemebalikan kepada kawan-kawan semua namun secara pribadi coin dan token yang memang dibuat untuk kemaslahatan manusia aku anggap halal. Ini pernyataan pribadi yang gak perlu kamu ikuti. Oke semoga tulisan ini memberikan manfaat kepada umat Islam. Semoga ada developer muslim yang mempunyai terobosan menggunakan terknologi kripto untuk kemaslahatan Umat islam di masa depan. 




 

 

 


 







 

 



0 komentar:

Posting Komentar