Fotografi Sunset Di Danau Mustika Grande

 Aku gak mau bahas banyak tentang Mustika Grande. Ya itu daerah di Burangkeng , Setu Bekasi. Bukan tempat menarik. Cuma di situ ada danau ya...

Should Watch

Bagaimana Tidak Banjir? Sawah Jadi Perumahan - Ini Loh Penyebab Banjir Perkotaan

 

 
 
Kalau kamu melihat gambar diatas kamu mungkin membayangkan betapa damainya negeri ini. Sawah yang hijau yang terhampar luas menjadi pemandangan yang menakjubkan. 
 
Namun benarkah demikian sesungguhnya yang sedang terjadi. Kamu tidak akan melihat sawah ini di daerahku. Sebuah desa di daerah kabupaten Bekasi. Sawah -sawah ini dua atau lima tahun lagi akan menjadi rumah-rumah. 
 
Aku pernah menggunakan logika fisika aku untuk mengetahui kenapa daerah perkotaan selalu banjir kalau hujan deras. Semoga logika fisika aku tidak salah. Sawah ini akan diurug dan dibangun rumah diatasnya. Yang aku pikirkan , air hujan akan di tampung dimana? Tentu ke tempat ini apalagi urugan yang tanah yang diberikan hanya menambah 5 sampai 10 centi meter. Sudah pasti air hujan yang ada diatas kampung akan turun ke sini. 
 
Sekarang ini setiap hujan deras, sawah ini akan menampung air hujan dari kampung. Kodok-kodok bernyanyi rian karena banyaknya air. Padi juga tumbuh subur. Ikan, belut dan binatang air akan senang juga. 
 
Kalau sawah ini berubah menjadi rumah kemana binatang-binatang itu? Air akan dialirkan kemana padahal sawah adalah dataran yang terendah. Pengurugan 5-10 centi tak akan berpengaruh kepada aliran air yang mengalir dari atas ke bawah. 
 
Sebuah perusahaan pengembang telah membeli sawah-sawah ini walaupun mungkin belum semua. Tetapi apakah mungkin , pemilik tanah akan bertahan jika lahan mereka terus dipepet perumahan. Lama-kelamaan tentu akan dijual juga sawah yang tersisa. 

Lima tahun lagi mungkin pemandangan disini akan seperti ini. Ini adalah sebuah lokasi perumahan yang dulunya adalah sawah. Kalau ada hujan deras ya seperti ini kejadianya. Jadi kalau mau tahu penyebab banjir perkotaan adalah karena lahan pertanian sawah di ubah menjadi perumahan dan gedung-gedung. 

 
 
 
Lantas siapa yang salah? Aku takut kalau nyalahin pemernth. Takut di ciduk ....👮👊
 
Aku juga gak habis pikir kenapa yah pemerintah mengijinkan membangun perumahan di atas lahan sawah. Masalah lain adalah masalah social dari para petani. Mereka kehilangan pekerjaan dan menjadi pengangguran. Apakah mungkin mereka berganti profesi? Aku kira hanya sebagian kecil yang mampu, yang lainya akan menggantungkan hidup dari saudaranya. Sebenarnya menyedihkan. 
 
Kok bisa para petani menjual tanah mereka secara serempak? Apakah ada mobilisasi? Ini benar-benar jadi pertanyaan.... Siapa orang yang berada di balik penjualan sawah-sawah itu ke pengembang perumahan? Tambah pusing deh ... 
 
Mungkin ini aja yah .. kegundahan aku melihat sawah di dekat tempat tinggalku sudah berpindah tangan kepemilikan. Dan dua atau lima tahun lagi aku gak bisa melihat lagi pemadangan hamparan padi yang menghijau. 
 
Kalau aku jadi  Persiden eh.. bupati ehh lurah -.. eh ketinggian jadi RT aku gak ngijinin tuh kalau ada warga aku jual sawah ke pengembang perumahan. Tapi aku bukanlah siapa-siapa. ... 🙏 🙏🙏🙏
 
 
 

 

0 komentar:

Posting Komentar